Cara Membuat Kutipan (Citation) Dan Daftar Pustaka (Bibliography)

Daftar pustaka bisa diupdate setiap saat untuk memasukkan atau mengubah kutipan. Ada berbagai style untuk kutipan dan daftar pustaka. Word 2013 bisa memformat informasi untuk menyesuaikan dengan style dengan Publication Manual of the American Psychological Association 6th edition (APA), Chicago Manual of Style 15th edition (Chicago), MLA Handbook for Writers of Research Papers 7th edition (MLA), dan Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertations 6th edition (Turabian), dan lainnya.

    Cara memilih style untuk kutipan (Citation):

Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style. Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan. Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian informasi mana yang dibutuhkan ketika Anda menambahkan sumber baru. Namun, Anda bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.

Cara menambahkan sumber:

  1. Klik teks pada akhir kalimat atau bagian yang membutuhkan kutipan.
  2. Pada tab References, di grup Citation & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Create Source, klik kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi sumber. Field yang ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai dengan tipe sumber dan style kutipan.
  4. Ketikkan informasi tentang sumber, lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan didalam dokumen dengan menggunakan style kutipan yang telah digunakan.
  5. Setelah Anda menambahkan sumber, Word akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri tersebut.
  6. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin membuat daftar pustaka.

Cara memasukkan daftar pustaka (Bibliography):

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin membuat daftar pustaka.
  2. Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Bibliography. Klik salah satu entry pada galeri yang ditampilkan, atau klik Insert Bibliography pada bagian bawah galeri. Semua entry pada galeri adalah sama kecuali judulnya. Mereka akan melampirkan daftar pustaka pada Content Control.

      Komentar